Cara Menyisipkan Tabel ke dalam Posting

Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Menyisipkan Tabel ke dalam Posting

Layaknya saat menulis artikel pada program office, dalam menulis sebuah artikel pada blog terkadang kita juga membutuhkan tabel untuk menampilkan data dalam bentuk baris dan kolom.  Namun terkait halaman editor blogger untuk pengetikan artikel pada mode Compose belum memiliki fasilitas untuk membuat tabel, maka terkadang kita kesulitan membuat tabel pada artikel. Sebenarnya kita bisa saja melakukan hal itu melalui mode HTML saat menulis artikel, tapi bagaimana jika kita belum terlalu mengerti cara menulis artikel dengan kode HTML?. Tentu kita akan merasa kesulitan. Untuk itulah sekarang saya bahas cara Memasukkan/Menyisipkan Tabel ke Dalam Posting.

Berikut contoh kode HTML untuk memasukkan tabel ke dalam postingan:
<table width="500" border="1">
<tr>
<td>Baris 1 Kolom 1 </td>
<td>Baris 1 Kolom 2 </td>
<td>Baris 1 Kolom 3 </td>
</tr>
<tr>
<td>Baris 2 Kolom 1 </td>
<td>Baris 2 Kolom 2 </td>
<td>Baris 2 Kolom 3 </td>
</tr>
</table>
Kode yang saya tulis dengan warna kuning adalah parameter untuk menentukan lebar tabel yaitu 500 (dalam pixel). Sobat bisa mengaturnya sesuai dengan lebar area posting pada blog sobat.

Kode di atas akan terlihat seperti ini saat artikel dipublikasikan:
Baris 1 Kolom 1 Baris 1 Kolom 2 Baris 1 Kolom 3
Baris 2 Kolom 1 Baris 2 Kolom 2 Baris 2 Kolom 3

Nah, tetapi bagaimana jika seperti yang saya katakan tadi, kita masih belum terlalu paham dengan kode HTML?. Untuk itulah pada artikel kali ini, akan dibahas bagaimana memasukan tabel ke dalam postingan dengan cara yang lebih mudah, yaitu dengan menggunakan sebuah tools gratis yang bernama NVU.
  • Pertama unduh dan pasang NVU ke komputer sobat.
  • Buka aplikasi NVU, lalu buatlah tabel pada halaman kerja dengan cara klik ikon Table, lalu blok jumlah baris dan kolom yang akan dibentuk sesuai kebutuhan, klik OK.
masukkan tabel
  • Jika sudah selesai, klik menu Source yang terdapat pada bagian bawah halaman editor NVU kemudian salin kode yang diawali tag pembuka <table> sampai kode penutup </table> lalu paste pada halaman post editor di blog sobat dalam mode HTML.
source kode tabel

Sedikit tambahan lagi, dalam tabel kita juga bisa mengatur alignment atikel sesuai yang kita inginkan seperti: rata kiri, rata tengah atau rata kanan, tebal, garis bawah atau miring sekalian. Kita juga bisa memasukkan gambar ke dalam tabel. Untuk yang satu ini silahkan sobat bereksperimen sendiri dengan kode HTML.

Terimakasih untuk sobat yang mau menyempatkan diri membaca atikel ini, have a nice blogging!.

Referensi: http://multipaste.blogspot.com/2012/02/memasukkan-tabel.html

Artikel ini masih memiliki 0 komentar: silahkan menjadi yang pertama.

Posting Komentar

Find us! : Facebook | Twitter
Created only to Get Cara Menyisipkan Tabel ke dalam Posting Reading Easily.
Copyright © 2013 juaraiklangratis2
Powered by Blogger
Theme Created by : Jabungleopark
All Rights Reserved.